hotot

hotot
lucu

Kamis, 08 September 2011

Makanan kelinci

Makanan kelinci

Wortel, Paling Baik Direbus
Kompas.com - Wortel adalah sumber terbaik vitamin C dan karoten, salah satu jenis antioksidan yang termasuk juga beta karoten. Keduanya memberi kontribusi penting bagi kesehatan mata kita. Plus, bisa mengurangi risiko serangan jantung serta beberapa jenis kanker.

Menurut studi terbaru yang dimuat di Journal of Agricultural and Food Chemistry, merebus wortel akan membuat kandungan karotenoidnya 14 persen lebih tinggi. Pasalnya, serat-serat yang ada di dinding sel sebatang wortel cenderung mengingat karotenoid. Saat dipanaskan, senyawa itu akan terlepas sehingga saluran pencernaan kita lebih mudah 'menangkapnya'.

Studi tersebut juga menemukan, level antioksidan pada wortel terlihat meningkat setelah direbus, sedangkan kandungan vitamin C-nya berkurang sedikit. Antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam melawan radikal bebas. Untuk mempertahankan warna asli woertel, bubuhkan sedikit garam. Atau, teteskan sedikit minyak zaitun atau canola pada wortel yang sudah direbus. Lemak dari minyak akan membantu tubuh menyerap lebih banyak beta-karoten dari wortel.
Makanan Kelinci
Sedapat mungkin kita memberikan pakan kepada kelinci seperti halnya pada kondisi di alam habitanya yaitu; hijauan (tidak mengandung getah), biji-bijian (jagung, kedelai, dan kacang tanah), umbi-umbian (wortel dan ubi jalar), rumput (bahan serat) dan daun-daunan (daun brokoli, daun wortel, labu dan sebagainya). Namun tidak semua jenis yang tersebutkan sebelumnya baik untuk kelinci; misalnya kubis, sawi, dan kangkung karena jika diberikan berlebihan dapat menyebabkan diare, gas, kembung dan bahkan kematian. Termasuk hijauan yang mengandung getah tidak disarankan diberikan kepada kelinci. Sehingga beberapa hijauan seperti daun pepaya maupun daun pisang dapat diberikan tetapi dalam keadaan sudah dilayukan. Selain jenis makanan tersebut ada alternatif untuk kepraktisan yaitu pelet, tentunya yang mengandung nutrisi dan konsentrat yang seimbang.
Sebagai bahan referensi, untuk di peternakan kami pola makan kelinci adalah sebagai berikut: pukul 7 pagi biasa kami berikan campuran jagung halus, konsentrat, mineral, dan katul. Pada siangnya kami berikan "buahnya" yaitu wortel atau kacang panjang, sedangkan pada sore hari sekitar pukul 4 atau 5 sore kami beri rumput kering serta sedikit porsi dari makan pagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar